Menjawab Soal Uzair Anak Allah Dalam Al-Qur'an

 Sering kali Kristen menuduh Al-Qur'an memberikan data yang tidak valid. bohong. tidak sesuai dengan Fakta. salah satunya adalah pernyataan Al-Qur'an yang menyatakan bahwa Uzair adalah anak Allah. sebagaimana yang terdapat di dalam Al-Qur'an
waqaalati lyahuudu 'uzayrun ibnullaahi waqaalati nnashaaraa lmasiihu ibnullaahi dzaalika qawluhum bi-afwaahihim yudaahi-uuna qawlalladziina kafaruu min qablu qaatalahumullaahu annaa yu/fakuun

  Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan orang-orang Nasrani berkata: "Al Masih itu putera Allah". Demikianlah itu ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah mereka , bagaimana mereka sampai berpaling?
 QS:  9:30

Dengan semangatnya mereka menyatakan bahwa Al-Qur'an keliru. karena Yahudi sama sekali tidak pernah disebutkan dalam Alkitab menyatakan bahwa Uzair adalah Anak Allah. bahkan untuk tuduhan ini beredar hingga sampai ke Facebook. Twitter termasuk situs FaithFreedom dan lain sebagainya.

bagi saya pribadi tidak ada masalah dengan ayat ini. bagi yang bersikap fair berbicara secara jujur. karena kenyataannya Al-Qur'an dan Alktab senantiasa berselisih saling bertentangan. hanya sebagian kecil saja yang bercocokan. maka ketika terjadi perbedaan antara dua sumber. apakah salah satu diantara keduanya dapat disalahkan dengan dasar perbedaan? tentu tidak. harus ada sumber lain atau sumber ketiga yang dapat dipercaya kebenarannya yang kemudian menjadi alat bukti kebenaran diantara keduanya.
 sehingga ketika Alkitab tidak menyebut Uzair yang dimaksud dalam Al-Qur'an disebut anak Allah. lalu di simpulkan Al-Qur'an keliru  itu justru kesimpulan yang terlalu dini. karena tidak memahami secara utuh siapa yang dimaksud dalam ayat tersebut.

selain itu kenyataannya menurut Alkitab Selurung bangsa Yahudi sendiri disebut Anak Allah contoh:

Keluaran

4:18 Lalu Musa kembali kepada mertuanya Yitro serta berkata kepadanya: "Izinkanlah kiranya aku kembali kepada saudara-saudaraku, yang ada di Mesir, untuk melihat apakah mereka masih hidup." Yitro berkata kepada Musa: "Pergilah dengan selamat." 4:19 Adapun TUHAN sudah berfirman kepada Musa di Midian: "Kembalilah ke Mesir, sebab semua orang yang ingin mencabut n  nyawamu telah mati. o " 4:20 Kemudian Musa mengajak isteri dan anak-anaknya lelaki, p  lalu menaikkan mereka ke atas keledai dan ia kembali ke tanah Mesir; dan tongkat q  Allah itu dipegangnya di tangannya. 4:21 Firman TUHAN kepada Musa: "Pada waktu engkau hendak kembali ini ke Mesir, ingatlah, supaya segala mujizat r  yang telah Kuserahkan ke dalam tanganmu, kauperbuat di depan Firaun. Tetapi Aku akan mengeraskan hatinya 4 , s  sehingga ia tidak membiarkan bangsa itu pergi. t  4:22 Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah firman TUHAN: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung 5 ; u  4:23 sebab itu Aku berfirman kepadamu: Biarkanlah anak-Ku itu pergi, v  supaya ia beribadah w  kepada-Ku; tetapi jika engkau menolak membiarkannya pergi, maka Aku akan membunuh anakmu, anakmu yang sulung. x "

Sehingga sederhananya jangakan berbicara satu orang semisal Uzair yang disebut anak Allah. seluruh bangsa Yahudi sendiri disebut anak Allah. bukankah kita tahu Uzair adalah sekian diantara manusia yang merupakan bangsa Yahudi.
sudah pasti ia termasuk anak Allah pula.

Defenisi Anak Allah
Mengenai makna Anak Allah dalam Alkitab diceritakan banyak ayat, salah satunya adalah Anak Allah adalah orang-orang yang dibimbing oleh Allah.
Makna Anak Allah
Matius 

5:9 Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah

Romans  

8:14 Orang-orang yang dibimbing oleh Roh Allah, adalah anak-anak Allah. 
8:15 Sebab Roh, yang diberikan oleh Allah kepada kalian, tidaklah membuat kalian menjadi hamba sehingga kalian hidup di dalam ketakutan. Sebaliknya Roh Allah itu menjadikan kalian anak-anak Allah. Dan dengan kuasa Roh Allah itu kita memanggil Allah itu, "Bapa, ya Bapaku!"

Berdasarkan ayat ini. secara defenisi atau makna dari Anak Allah di ayat di atas. Uzair tentu tergolong anak Allah pula. 

Sehingga berdasarkan penjelasan di atas mengenai makna Anak Allah. fakta Israel merupakan Anak Allah. serta kontra antara al-Qur'an dan Alktab yang tentu tidak bisa secara sepihak menyalahkan tanpa ada bukti ketiga yang dapat dipertanggung jawabkan. maka tuduhan ini sama sekali tidak beralasan. walaupun Alktab tidak menyebutkan secara eksplisit mana pernyataan Uziar anak Allah, namun secara umum. Alkitab sudah menegaskan bahwa seluruh bangsa Yahudi adalah anak Allah. dan tentu Uzair adalah salah satunya.


Ganti Posisi
Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya. 
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb. 
 peraturan komentar: 
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa. 
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit. 
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan

0 Response to "Menjawab Soal Uzair Anak Allah Dalam Al-Qur'an"

Posting Komentar