Menjawab Apologetika BP Yesus adalah YHWH (1) : Sebelum Abraham ada Aku Telah Ada

Klaim yang tidak kalah hebatnya untuk membuktikan bahwa yesus adalah tuhan yaitu tentang penciptaan. Bahwa yesus ada sebelum Abraham anda, sehingga yesus pantas dan cocok disebut tuhan karena ini.
Yohanes 8:58

LAI TB, Kata Yesus kepada mereka: ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.’
TR, ειπεν αυτοις ο ιησους αμην αμην λεγω υμιν πριν αβρααμ γενεσθαι εγω ειμι


Bisakah saudara kristen menjelaskan kenapa sebelum abraham yang dijadikan ukuran ? kenapa tidak Adam ? kita semua tau bahwa adam lebih dulu ada dibanding abraham. bukan ?
Lantas atas dasar doktrin lemah ini yesus menjadi tuhan ? karena beliau ada sebelum abraham ? di beberapa website kristen memberikan penjelasan untuk mendukung klaim bahwa yesus itu sama dengan Allah, seperti pada website ini :
Memberikan argumen bahwa “Yesus Kristus membuat pernyataan yang tegas dalam jawabnya, merujuk kepada keberadaan mutlak. Kedua kata kerja γενεσθαι – genesthai dari kata γινομαι – ginomai . Kata kerja γενεσθαι – genesthai, “ada”, “menjadi”, “eksis” ditulis dalam second aorist, mirip dengan simple past tense.”


bla bla cukup panjang pembaca bisa membaca langsung disitus tersebut.

Jelas jika merujuk kepada simple past tense, maka keberadaan yesus sudah ada sebelum Abraham! tapi ini tidak membuktikan bahwa yesus adalah Allah! karena sebelum Abraham telah lahir banyak manusia bukan ? apakah lantas manusia itu berubah menjadi tuhan ? tidak.. sama sekali tidak.
Toh yang nyata dan fakta, Yesus disebutkan bersilsilah. dan ini menandakan Yesus murni tidak ada sebelum Abraham, karena Yesus baru ada setelah dilahirkan Maria. 
Selanjutnya saya sangat heran entah kenapa Kristen di mana pun dan siapaun selalu menolak kata yang jelas-jelas atau terang. namun lebih memaksakan atau mencari-cari kalimat, persamaan kata gaya bahasa lalu menyimpulkan itu sama. seperti yang dilakukan oleh BP di situs sarapan Pagi biblika.
contoh kata Ungkapan Ibrani, אֲנִי־הוּא - ANI HU   " Akulah Dia"  yang digunakan Yahweh  YHWH lalu digunakan oleh Yesus lalu dikatakanlah Yesus adalah YHWH itu sendiri. 
Padahal coba kita cek ayat-ayat yang dirujuk BP ungkapan Akulah dia yang diucapkan Yesus. dia berbicara tentang apa?  sebagai apa? tidak satupun menyentuh keberadaan dirinya sama dengan Yahweh atau setingkat dengan Yahweh apalagi Yahweh itu sendiri.
Pembaca bisa mengecek sendiri kata-kata Akulah dia yang diucapkan Yesus apakah merujuk dirinya sebagai Yahweh?
Yohanes 8:24 
LAI TB, Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu." 
Yohanes 8:28

LAI TB, Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku." 


Yohanes 4:26 

LAI TB, Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau." 

KJV, Jesus saith unto her, I that speak unto thee am he. 

Yohanes 8:18 

LAI TB, Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku." 

KJV, I am one that bear witness of myself, and the Father that sent me beareth witness of me. 
OJBC, ANI HU the one giving solemn EDUT about myself and the One having sent me, HAAV , gives solemn EDUT about me. 

dan lain sebagainya, Justru kalau mau jujur lihatlah Yesus Justru berbicara sebagai dirinya sendiri, sebagai utusan Allah, sebagai juru selamat (nabi Allah, Utusan Allah) Bukan Allah itu sendiri.
Logikanya apakah lantas dengan kata-kata TUhan yang diucapkan manusia lantas dapat diklaim Manusia yang mengucapkan tersebut adalah Tuhan itu sendiri? 
tentu tidak mungkin.  Aneh saja, memaksakan mencari persamaan dengan penafsiran kalimat atau bahasa tapi menolak ayat-ayat yang terang-terangan berseberangan. menolak ayat-ayat yang sudah pasti dan jelas maknanya berbicara Yesus bukan Yahweh, bukan Allah.
mari kita lihat ungkapan Yesus berikut::
Matius 23:9 Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.
Pembaca yang sekali atau dua kali baca ayat ini pasti akan mengerti dan paham maknanya. Yesus tegas mengatakan, Di dunia ini tidak ada satupun Bapa. karena Bapa hanya ada satu di Sorga, dan berarti dan pasti Yesus Bukan Bapa karena Yesus di bumi.
ayat yang jelas-jelas menolak seperti ini, malah tidak dihiraukan oleh Kristen. bukankah sudah jelas ini sangat aneh.
lagi di atas, yang dirujuk oleh BP di situs Sarapan Pagi soa kata AKulah dia. 
LAI TB, Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku." 
Perhatikan kata Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendri. dan seterusnya, bukankah itu jelas sekali. Yesus menyatakan ia tidak punya kuasa apa-apa tanpa kuasa Bapa. dan semua yang dimiliki atau diajarkan itu berasal dari Bapa bukan dari dirinya atau kehendaknya sendiri.
SO disini sudah nampak dan nyata. Yesus bukan Yahweh, karena kehendak Yesus dan Yahweh beda. kuasa beda. jika Yesus Yahweh itu sendiri bagaimana bisa kuasa sendiri tidak dapat ia lakukan? masih bergantung dengan kuasa Yahweh?
Bp hanya mengambil / mencomot kata Akulah dia. tapi tidak melihat Yesus berbicara tentang apa disini. 
lagi ayat lainnya yang tegas-tegas menyatakan Yesus tidak sama dengan YHWH
Yohanes 14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.
ini sudah sangat jelas, perbedaan mutlak Yesus dan YHWH, YHWH lebih besar dari Yesus. bagaimana bisa sama?
Mungkin bagi Kristen banyak yang akan berapologetika dengan menggunakan analogi. buat saya analogi tidak akan bisa menjadi bukti Yesus sama dengan YHWH. karena analogi hanyalah alat untuk mempermudah memahami suatu hal yang sukar di pahami. persoalanya adalah jika konsepnya memang keliru, di analogi bagaimanapun tetap akan keliru, karena persoalannya adalah bukan soal sulit dipahami, tapi memang konsepnya keliru.
Bersambung






Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya. 
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb. 
 peraturan komentar: 
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa. 
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit. 
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan

11 Responses to "Menjawab Apologetika BP Yesus adalah YHWH (1) : Sebelum Abraham ada Aku Telah Ada"

  1. Yohanes 8:57 Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?"

    Itu sebabnya Yesus berkata Dia sudah ada sebelum Abraham, utk menjawab pertanyaan mereka tentang Abraham, bukan Adam. Karena seandainya Adam yg disebut, Yesus pun akan menjawab bahwa Dia lebih dulu ada sebelum Adam. Tapi Abraham adalah orang pertama yg percaya Allah, dan dialah nenek moyang bangsa Yahudi, itu sebabnya patokannya dimulai dari Abraham, bukan Adam.

    Untuk kata 'Akulah Dia' , anda ternyata tidak mengerti makna theologis perkataan ini. Ini adalah perkataan yg HANYA KHUSUS dikatakan oleh ALLAH itu sendiri, nabi lain TIDAK PERNAH BERANI menggunakan 'ungkapan ilahi' ini. Itu sebabnya ahli taurat sangat geram dan ingin membunuh Yesus, karena menurut mereka Yesus telah menyamakan diriNya dengan pribadi Allah saat berkata "Akulah Dia" (ANI HU / I AM HE ), ungkapan itu mempunyai makna yg sangat spesial bagi bangsa Yahudi. Mungkin bagi bangsa lain itu biasa saja, tapi bagi bangsa Yahudi, saat anda berkata "AKULAH DIA" (ANI HU) ketika anda ingin memperkenalkan diri anda, anda berarti sudah menyamakan diri anda dengan Tuhan. Karena dalam hal ini, 'HU' bukanlah sekedar dalam arti menunjukkan kalau dia adalah manusia, tapi 'HU' adalah arti Dia sebagai ALLAH.

    BalasHapus
  2. ternyata dalam sarapan pagi biblika juga sudah dijelaskan betapa sakralnya maksud ungkapan 'ANI HU' ini :

    "....Frase 'ANI HU' dalam Deutero-Yesaya senantiasa diucapkan oleh YHVH. Pernyataan ini hanya dapat diucapkan oleh Allah sendiri, Jika ada orang lain. yang mengungkapkan kata-kata ini, maka ia menyombongkan dirinya, mencoba menyamakan dirinya dengan YHVH, atau menggantikan-Nya, Salah satu contoh untuk ini terdapat dalam Yesaya 47:8,10 di mana Babel dengan sombong berkata 'Aku ada, tiada yang lain disampingku!"

    Menarik sekali, Yesaya di sini memakai sepatah kata saja ('ANI) untuk menyatakan "Aku ada". Jelaslah ia memperhadapkan penyataan Babel itu dengan 'ANI HU' yang diucapkan YHVH namun ia tidak membiarkan seorang pun kecuali YHVH memakai frasa tersebut...."

    BalasHapus
  3. Tian Daniel, jawaban anda muter2 untuk mempertahankan pendapat gereja yg sudah sekitar 2000 tahun berusaha dipertahankan dan harapan kami cuma semoga akhirnya akan terkuak juga kesalahan interpretasi yang dengan sengaja dibuat buat untuk menuhankan Yesus padahal tidak ada satu ayatpun dalam bible yg mengatakan secara letterlijk explicit kalo Yesus bicara kepada muridnya bahwa dirinya adalah anak tuhan dan tuhan itu sendiri serta Yesus pun tidak pernah berkata : Hai murid2ku sembahlah aku ! Tidak ada !

    BalasHapus
  4. tonwsh (Yohanes 13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.)

    BalasHapus
    Balasan
    1. PEMALSUAN pada Yoh 13 : 13 adalah PEMAKSAAN LAI agar gereja dan umat kristen berpegang pada Yoh 13 : 13 bahwa benar Yesus mengaku Tuhan Semasa Hidup nya , PADAHAL sebenarnya TUAN , BUKAN Tuhan !

      JOHN 13:13 Ini urutan TERJEMAHAN dalam bahasa Indonesia dari tahun TERKINI sampai dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia TERTUA"

      ALKITAB VERSI TERKINI: "Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan." (Yohanes 13:13) (Disisni kata tuan BERUBAH menjadi tuhan)

      ALKITAB VERSI KSI (TAHUN 2000) "Kamu menyebut Aku Guru dan Junjungan. Memang sepatutnyalah demikian, karena Aku adalah Guru dan JUNJUNGAN." (Yohanes 13:13)

      ALKITAB VERSI ENDE (TAHUN 1969) "Kamu memanggil Aku Guru dan TUAN. Dan tepatlah demikian, sebab memang itulah Aku!" (Yohanes 13:13)

      ALKITAB VERSI SCHELLABEAR DRAFT (TAHUN 1912) "Adapun kamu menyebutkan aku guru dan RABBI, maka patutlah katamu itu, karena akulah dia." (Yohanes 13:13)

      ALKITAB VERSI KLINKERT (TAHUN 1870) "Bahwa akoe dipanggil olihmoe goeroe dan TOEWAN (baca: tuan), maka benarlah bagitoe, karena akoelah dia." (Yohanes 13:13)

      Hapus
    2. tonwsh
      Penerjemahan di indonesia memang kadang kehilangan arti disebabkan keterbatasan pengetahuan waktu itu (gereja mula-mula), maka dari itu sebaiknya untuk memaknai arti sesungguhnya baiklah merujuk ke bahasa asli Text itu sendiri.

      Yohanes 13:13

      LAI TB : Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

      NASB : “You call Me Teacher and Lord; and you are right, for so I am.”

      KJV : Ye call me Master and Lord: and ye say well; for so I am.

      GREEK / Yunani (text asli perjanjian baru): ὑμεῖς φωνεῖτέ με Ὁ διδάσκαλος καί Ὁ κύριος , καὶ καλῶς λέγετε , εἰμὶ γάρ

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Sebuah kebodohan yang ditulis di blog ini, terutama di bagian "kenapa Yesus mengatakan lebih dulu dari abraham, bukan adam?"

    Kenapa saya katakan bodoh? Karena jelas penulis blog ini tidak membaca keseluruhan konteks ayat tsb. Jelas-jelas di sana Yesus membahas bahwa abraham telah bersuka-cita ketika melihat hari-Nya. Lalu orang yahudi menanggapi "bagaimana mungkin? Umurmu saja belum genap 30 tahun?". Maka dari itu Yesus mengatakan "sebelum abraham jadi, aku telah ada." Tentunya jawaban ini menemplak kepercayaan penulis yang mengatakan bahwa Yesus baru dicipta saat di kandungan maryam.

    Jadi sebuah kebodohan jika menyimpulkan ayat di atas menjadi argumen "banyak orang yang ada sebelum abraham, tapi mereka bukan tuhan.". Karena jelas di sana Yesus menegaskan bahwa diri-Nya sudah ada bahkan sebelum dilahirkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itupun Yesus membahas Abraham bersukacita ketika melihat hari-Nya karena yang bawa Abraham sebagai patokan adalah orang-orang Yahudi sendiri!! Yesus awalnya berkata: "Barangsiapa percaya kepada-Ku ia tidak akan mati melainkan mengalami hidup yang kekal", lalu orang-orang Yahudi membalas: "Engkau berbohong. Abraham telah mati, begitu pula nabi-nabi. Siapakah diri-Mu ini sampai berani mengaku lebih besar daripada Bapa Abraham yang telah mati?" Barulah Yesus merespon dengan kalimat demikian. Jadi Kalau admin mau protes ya proteslah kepada orang-orang Yahudi yang jadi lawan bicara Yesus waktu itu.

      Hapus
  7. Justru jika yang awalnya membahas abraham, lalu Yesus membahas adam. Itu gak nyambung

    BalasHapus
  8. Rahayu Setiaraswati, alumni SMAN Cimindi tahun 1991 atau 1992

    BalasHapus