Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup!


Pernahkah saudara mendengar dan melihat kalimat diatas ? Sebagai representatif dari penginjil kristen yang menggebu-gebu ? sebagai dasar opini bahwa yesus adalah jalan kebenaran dan hidup ? sehingga siapa yang tidak percaya kepada yesus akan di jebloskan ke neraka ? Tak mungkin dipungkiri bahwa ayat favorit dari evangelis adalah yang senada dengan judul diatas.
Saya akan mengutip penuh ayat yang dimaksud dan sering di gembar gemborkan oleh evangelis, yakni Yohanes pasal 14 ayat 6 :
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Bagaimana ? Menarik bukan ? Seorang Nabi yang suci berkata bahwa tidak seorangpun yang datang kepada Bapa jika tidak melalui Nabi tersebut, ini adalah suatu pernyataan yang gamblang, bahwa sesungguhnya jika ingin datang kepada Bapa harus melalui Yesus, apakah dengan duduk bersama disamping yesus kita telah datang kepada Bapa ? Jikalau demikian orang-orang yang tidak menjumpai yesus didunia ini tidak akan datang kepada bapa. Lantas bagaimana ?
Jelas yang dimaksud adalah datang dengan mematuhi perintah Bapa melalui yesus, ajaran yesus lah yang harus diikuti, namun kita tidak akan membahas lebih jauh tentang ajaran yesus dalam treahd ini. Kita akan fokus kepada perkataan yesus ditujukan untuk siapa ? Untuk seluruh dunia atau domba sesat dari Israe ? Mari kita uji.
Pertama, sebelum yesus mengatakan bahwa beliau adalah jalan kebenaran dan hidup, yesus juga mengatakan :
Yohanes
14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

Yesus berkata bahwa dirumah Bapanya BANYAK TEMPAT TINGGAL, dan Yesus datang kesana untuk menyediakan TEMPAT TINGGAL BAGI mu! Hal yang perlu di jelaskan adalah Bahwa di Rumah Bapa (Di Sorga) banyak tempat tinggal, dalam artian tempat tinggal tersebut tidak dimonopoli oleh yesus sendiri,masih banyak nabi-nabi yang lain yang mempunyai dan menyiapkan tempat tinggal bagi umatnya disorga sana. Sehingga sorga tersebut tidak serta merta menjadi milik yesus sendiri!
Kemudian perhatikan kalimat : “Sebab aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat tinggal bagimu”, bagimu ? bagi siapa ? Jelas sekali diayat yang lain yesus mengatakan bahwa beliau diutus HANYA untuk DOMBA SESAT dari ISRAEL. Berikut ayat yang mendukung argumetasi saya :

Matius
10:5. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
10:6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

15:24 Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”
Bagaimanapun ayat diatas tidak mungkin dibatalkan, jika tidak mungkin dibatalkan maka pernyataan YESUS diatas adalah benar, bahwa yesus menyediakan tempat disorga HANYA UNTUK BANI ISRAEL.
Bukti lainnya adalah dengan PINTU SORGA yang berjumlah DUA BELAS, sejumlah SUKU ISRAEL Yang dibimbing oleh YESUS :
Wahyu 21:12-13
Dan temboknya besar lagi tinggi dan pintu gerbangnya dua belas buah; dan di atas pintu-pintu gerbang itu ada dua be-las malaikat dan di atasnya tertulis nama kedua belas suku Israel, Di sebelah timur terdapat tiga pintu gerbang dan di sebelah utara tiga pintu gerbang dan di sebelah selatan tiga pintu gerbang dan di sebelah barat tiga pintu gerbang.

Keduabelas Suku yang dimaksud pada wahyu diatas adalah sebagai berikut :
Matius
10:2 Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,
10:3 Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus,
10:4 Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

Wahyu 7:5-8
Dari suku Yehuda dua belas ribu yang dimeteraikan,
dari suku Ruben dua belas ribu,
dari suku Gad dua belas ribu,
dari suku Asyer dua belas ribu,
dari suku Naftali dua belas ribu,
dari suku Manasye dua belas ribu,
dari suku Simeon dua belas ribu,
dari suku Lewi dua belas ribu,
dari suku Isakhar dua belas ribu,
dari suku Zebulon dua belas ribu,
dari suku Yusuf dua belas ribu,
dari suku Benyamin dua belas ribu.
Yesuspun hanya akan menghakimi dua belas suku israel:
19:28 Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP, Jelas Sekali bahwa Jalan itu adalah untuk bangsa Israel!
Wassalam
Hendra Wijaya


akulah jalan kebenaran dan hidup (26),khotbah akulah jalan kebenaran (9),akulah jalan kebenaran (4),kotbah mengenai akulah jalan dan kebenaran (4),ayat yang mengatakan akulah jalan menuju bapa (4),jalan kebenaran dan hidup menurut ISLAM (3),Yesus Menyatakan Kebenaran melalui Nabi (2),kotbah mengenai akulah jalan dan kebenarannya (2),kehidupan yesus sudah mengenal poto (2),kebenaran tentang ajaran yesus (2),ayat yg menunjukan yesus jalan kebenaran (2),kebenaran dan hidup kristiani (2),akulah jalan dan kebenaran dan hidup terdapat didalam matius pasal berapa (2),kebenaran ajaran yesus (2),jalan kebenaran dan hidup (2),yesus jalan kebenaran dan hidup (2),yesus jalan islam (2),aku lah jalan kebenaran dan hidup (2),kata kata jalan kebenaran (1),kata yesus: akulah tuhan ayat (1),Khotbah Akulah jalan dan kebenaran dan hidup (1),khobah tentang akulah jalan kebenaran dan hidup? (1),Khotbah Tentang Kristus Menyediakan Tempat Kediaman Kekal (1),kotbat tentang akulah jalan kebenaran dan hidup (1),yesus lah hidup kebenaran dan hidup (1),YEsus jalan kenaran untuk semua (1),yesus adalah jalan kebenaran (1),ucapan yesus akulah jalan dan kebenaran dan hidup (1),spiritualitas yesus sebagai teladan gerakan (1),soal kehidupan yang dibimbing yesus (1),not angka jalan kebenaran dan hidup (1),langit akan berlalu (1),kata jalan kebenaran (1),jalan spiritual yesus (1),akulah jalan kebenaran dan hidup injil (1),akulah jalan kebenaran dan hidup di asurat al quran (1),akulah jalan kebenaran 2011 (1),Akulah jalan dan kebenaran dan hidup Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku (1),akulah jalan dan kebenaran dan hidup (1),akulah jalan (1),aku jalan dan kebenaran tidak ada (1),AKU ADALH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP (1),aku adalah jalan kebenaran dan hidup (1),aku adalah jalan kebenaran (1),akulah kebenaran (1),akulah satu sa tunya jalan kebenaran (1),ayat akulah jalan kebenaran (1),jalan kebenaran islam (1),akulah jalan dan hidup ? (1),islam menjawab akulah jalan kebenaran dan hidup yesus (1)

Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya. 
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb. 
 peraturan komentar: 
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa. 
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit. 
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan

5 Responses to "Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup!"

  1.  sorry..apakah kalian tau siapa itu bangsa israel??
    Allah berkata kepada nabi musa pd waktu nabi musa disuruh Allah menyelamatkan bangsa israel dr tanah mesir ..keluaran 4:21-23
    21: Firman Tuhan kepada Musa : "pada waktu engkau hendak kembali ke mesir,ingatlah supaya segala mujizat yg telah kuserahkan ke dalam tanganmu,kau perbuatlah didpn Firaun.Tetapi aku akan mengeraskan hatinya,sehingga ia tidak membiarkan bangsa itu pergi (bangsa israel)
    22: Maka engkau harus berkata ke pada firaun: beginilah Firman TUHAN ; Israel adalah anak-Ku,anak-Ku yang Sulung.
    23: Sebab itu Aku berfirman kepadamu : Biarkanlah Anak-Ku itu pergi (bangsa israel),supaya ia beribadah kepada-Ku:tetapi jika engkau menolak membiarkannya pergi,maka Aku akan membunuh anakmu,anakmu yang sulung(maksudnya Allah akan membunuh anak sulung firaun)

    mengapa Allah berkata bahwa israel adalah bangsa pilihan-Ku?(anak sulung-Ku) bangsa yg spesial...
    karena perjanjian Allah dengan nabi nuh(kejadian 9:1-17)..perjanjian Allah dengan Abraham(kejadian 17:1-4),perjanjian Allah dengan musa (keluaran1-selesai,dan imamat 1-selesai)perjanjian Allah dengan ishak,yakub dll) kesemua nabi itu berasal dr israel..karena itulah sebabnya. KESEMUA itu adalah Allah lho yg langsung berfirman,bukan malaikat..

    BalasHapus
  2. sayang sekali karena alkitab plin plan maka disinilah sangat plin plannya,, betapa tidak. di PL banyaksekli disebut anak Allah...

    ketika kepada Yesus disebut pla anak Tunggal Allah.. coba,, masa Yesus disebut anak Tunggal padahal di PL banyak disebut Anak Allah,, ini manaya plin plan.. kontradiksi...

    tidak perlu mengangungkan bangsa Israel, dulunya memang bangsa Israel sangat dimuliakan, tapi karena kejahatan mereka dan keingkaran mereka kepada Allah maka kerajan sorga akan diberikan kepada suat bangsa.. bukankah demikian disebut dalam Alkitab...

    anda tidak perlu pamer histeris disini,, jika anda sama sekali tidak dapt membantah tulisan di atas

    BalasHapus
  3. alexander samiaji5 Juni 2012 18.23

    Sekarang saya tanya, memangnya anak itu selalu dari darah daging sendiri???
    kan bisa mengadopsi dari panti asuhan.
    Bangsa Israel dianggap anak oleh Allah karena mereka bangsa pilihan Allah dan sudah terikat perjanjian dengan Allah
    Sementara Yesus merupakan Allah sendiri yg turun ke dunia sebagai manusia
    gimana, jelas??
    maklum klo gk jelas, kan lo gk pernah mendalami Kristen dalem2...

    BalasHapus
  4. Saudara Alexander samiaji, anda tidak perlu berapologetika dengna menganalogikan anak angkat dan lain-lain, itu memang Rill terjadi dalam kehidupan manusia,, persoalannya apakah analogi anda cocok dengan apa yang disebutkan Alkitab anda di atas?

    sangat bertolak belakang, karena Alkitab anda sangat tegas dan jelas menyatakan Yesus hanya untuk bangsa Israel saja. bahkan hal yang meurpakah terjdi dimasa yang akan datang, Yesus menghakim bangsa Israel saja bukan bangsa lainnya.

    BalasHapus
  5. Ga sengaja masuk ke blog ini.. tulisannya menarik.. hanya sayangnya memotong ayat2 yg memang akan digunakan penulis untuk mencari kelemahan semata..

    Masukan aja, kalau mau, baca seluruh ayat :) sehingga paham konteks nya

    Jaman Yesus, Islam belom lahir .. baru kira2 500 tahun setelahnya, IIRC. Oleh karena itu, tidak dibahas mengenai Islam dan agama2 "baru" setelahnya..
    Mengenai Yahudi, pada masa itu, hanya bangsa Yahudi yg mengenal Allah, yg disembah oleh bapa Abraham (atau Ibrahim) Moses (atau Musa) dan Noah (atau Nuh) yg merupakan pentolan bagi bangsa Yahudi.. bangsa diluar itu, termasuk Arab, belom mengenal Tuhan, dan tidak terpilih/ bukan bangsa pilihan, setidaknya ini yang mereka yakinkan..
    Namun cukup jelas dalam Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Matius 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman..

    Mungkin di Al-Quran, di Kitab Weda (hindu) dan kitab2 suci lainnya, bangsa Indonesia juga ngga disebut/ dikenal karena Indonesia belom lahir hehe..

    Semoga bermanfaat bagi penulis informasi ini yaa..

    BalasHapus